Syifa' Binti Abdullah (Wanita Yang Cerdas dan Mulia)

18 Mei 2012

Asy Syifa’ adalah wanita suku Quraisy adl Adawiyyah, dan masuk Islam pada tahun sebelum hijrah. Dia menikah dengan abu Hatsman dan dikaruniai seorang anak bernama Sulaiman bin Abu Hatsman. Asy Syifa’ adalah wanita cerdas, memilki kelebihan yakni sudah pandai membaca dan menulis pada masa pra-Islam. Dia juga merupakan salah satu tokoh menonjol, dan dalam dirinya terhimpun keilmuan dan keimanan.

Pada masa jahiliyah, Asy Syifa’ biasa mengobati orang dengan ruqyah. Setelah masuk Islam dan ketika ikut hijrah bersama Rasulullah, ia bertanya kepada Nabi tentang boleh tidaknya mengobati menggunakan ruqyah. Setelah melihat cara Asy Syifa’ mengobati dengan ruqyah, Nabipun bersabda: ”Obatilah dengan ruqyah itu dan ajarilah Hafshah”

Setelah itulah Asy Syifa merupakan guru wanita pertama dalam Islam yang mengajarkan selain ruqyah, juga dalam hal membaca dan menulis. Dengan berbekal ilmu pengetahuan itulah Asy Syifa’ mendakwahkan ajaran Islam dan memberi nasehat kepada masyarakat. Dan beliau tidak pernah lelah dalam memperbaiki berbagai kesalahan.

0 komentar:

Poskan Komentar

ترك التعليق