Kisah Nabi Syits A.S (Putra Nabi Adam A.S)

21 April 2012

Setelah terbunuhnya Habil oleh saudaranya, Qabil, kemudian Siti Hawa melahirkan anak kembar lagi. Yang laki-laki diberi nama Syits (dalam bahasa Arab dan ‘Ibrani) atau Syats (dalam bahasa Suryani). Sedangkan yang perempuan diberi nama ‘Azura. 

Pengarang kitab Qasas al-Anbiya (hal. 59) menyebutkan bahwa setelah menderita sakit selama 11 hari, Nabi Adam wafat. Ketika masih sakit, Nabi Adam berwasiat kepada Syits untuk menggantikan posisi kepemimpinannya. Nabi Adam juga mengingatkan Syits untuk menjaga kerahasiaan pelimpahan mandat ini agar jangan sampai diketahui oleh Qabil, si pendengki.

Menurut keterangan Ibnu ‘Abbas, ketika Syits dilahirkan, Nabi Adam sudah berusia 930 tahun. Nabi Adam sengaja memilih Syits sebab anaknya yang satu ini memiliki kelebihan dari segi keilmuan, kecerdasan, ketakwaan dan kepatuhan dibandingkan dengan semua anaknya yang lain.

Sebagai Nabi, Syits menerima perintah-perintah dari Allah yang tertulis dalam 50 sahifah. Demikian keterangan dari Hadits Nabi saw. yang diriwayatkan oleh Abu Dzar al-Ghifari sebagaimana dikutip dalam Tarikh Thabari (Jil. I, hal. 152).

Patut kita perhatikan bahwa dalam memilih pemimpin, Nabi Adam menjadikan ketakwaan, kecerdasan dan ketaatan sebagai kriteria utama. Nabi Adam mengebawahkan faktor usia, postur tubuh, kekuatan fisik dan aspek-aspek lainnya.


Nasehat Nabi Adam A.S kepada Syits A.S

(1) Janganlah kamu merasa tenang dan aman hidup di dunia. Karena aku merasa tenang hidup di surga yang bersifat abadi, ternyata aku dikeluarkan oleh Allah daripadanya.

(2) Janganlah kamu bertindak menurut kemauan hawa istri-sitri kamu. Karena aku bertindak menurut kesenangan hawa istriku, sehingga aku memakan pohon terlarang, lalu aku menjadi menyesal.

(3) Setiap perbuatan yang kamu lakukan, renungkan terlebih dahulu akibat yang akan ditimbulkan. Seandainya aku merenungkan akibat suatu perkara, tentu aku tidak tertimpa musibah seperti ini.

(4) Ketika hati kamu merasakan kegamangan akan sesuatu, maka tinggalkanlah ia. Karena ketika aku hendak makan syajarah, hatiku) merasa gamang, tetapi aku tidak menghiraukannya, sehingga aku benar-benar menemui penyesalan.

(5) Bermusyawarahlah mengenai suatu perkara, karena seandainya aku bermusyawarah dengan para malaikat, tentu aku tidak akan tertimpa musibah.

  Semua yang terurai di atas adalah cara dan sarana. Pembaca, bisa mencari cara dan sarana di tempat yang lebih baik. Namun menjaga hati, wajib bagi kita. Karena, hatilah yang akan mewarnai seluruh anggota badan lainnya, berikut output yang dihasilkannya.


Dalam Kisah Lain di cetus kan :

Wahab bin Munabbih mengatakan, ketika Adam meninggal, Syits telah berusia 400 tahun. Dia telah diberi tabut, tali, pedang, dan kudanya yang bernama Maimun yang telah diturunkan kepadanya dari surga. Apabila kuda itu meringkik, semua binatang yang melata di bumi menyambutnya dengan tasbih. Syits telah diwasiati untuk memerangi saudaranya, Qabil. Dia pergi untuk memerangi Qabil dan akhirnya perang itu pun berkecamuk. Itulah perang pertama yang terjadi antara anak-anak Adam di muka bumi. Dalam peperangan itu, Syits memperoleh kemenangan dan dia menawan Qabil.

Qabil sebagai tawanan berkata, “Wahai Syits, jagalah persaudaraan di antara kita.” Syits berkata, “Mengapa engkau sendiri tidak menjaganya? Engkau telah membunuh saudaramu, Habil.” Kemudian Qabil ditawan oleh Syits; kedua tanganya dibelenggu di atas pundaknya, dan dia ditahan di tempat yang panas sampai meninggal. Anak-anak Qabil bermaksud menguburkannya. Tiba-tiba Iblis datang kepada mereka dalam rupa malaikat. Iblis berkata kepada mereka, “Jangan dikubur di dalam bumi.”

Iblis membawakan dua batu hablur yang telah dilubangi tengah-tengahnya. Dia menyuruh mereka memasukkan Qabil ke dalam ruang antara dua batu hablur itu, memakaikannya pakaian terindah dan meminyakinya dengan ramuan-ramuan tertentu sehingga dia tidak akan mengering. Lalu Iblis menyuruh mereka menyimpannya di sebuah rumah, diletakkan di atas kursi yang terbuat dari emas dan memerintahkan kepada setiap orang yang masuk ke rumah itu untuk bersujud kepadanya sebanyak tiga kali. Iblis memerintahkan kepada mereka untuk merayakan upacara setiap tahun untuknya dan berkumpul di sekitarnya. Kemudian Iblis mewakilkan urusan ini kepada setan. Setan itulah yang kemudian berkomunikasi dengan mereka sehingga manusia terus-menerus sujud kepada Qabil.

Sementara Syits, setelah dia menunaikan tugasnya memerangi Qabil, pulang ke negeri Hindi (India) dan menetap di sana sebagai juru pemutus yang adil di antara manusia.

Wahab bin Munabbih mengatakan bahwa Hawa, istri Adam, meninggal di zaman anaknya, Syits. Setelah meninggalnya Adam, Hawa tidak hidup lama, hanya setahun, dan meninggal di hari Jumat dalam waktu yang sama ketika dia diciptakan. Diriwayatkan bahwa Hawa dikuburkan berdekatan dengan Adam. Setelah kepergian mereka, Allah menurunkan 50 sahifah kepada Syits. Dialah orang pertama yang mengeluarkan kata-kata hikmah. Dialah yang pertama kali melakukan transaksi dengan emas dan perak dan orang pertama yang memperkanalkan jual beli, membuat timbangan, dan takaran. Dan dialah orang pertama yang menggali barang tambang dari dalam bumi.

Selanjutnya, Syits mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Anusy. Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad saw yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya tersebut berpindah ke keningnya. Oleh karena itu, Syits tahu bahwa ajalnya sudah dekat. Dia melihat rambut-rambut yang diberikan oleh Adam dan ternyata dia melihat rambut-rambut tersebut telah memutih. Maka, pada tahun itu Syits meninggal dunia dalam umur 900 tahun.

Wahab bin Munabbih mengatakan, setelah Syits meninggal, dia digantikan oleh anaknya, Anusy. Sebelum meninggal, Syits menyerahkan tabut, tali, suhuf, dan cincin kepada Anusy. Anusy berperilaku dengan baik dan memutuskan dengan benar. Kemudian dia menikah dengan seorang wanita yang kemudian mengandung seorang anak. Setelah anak itu lahir, cahaya Muhammad saw yang ada pada Anusy pindah ke wajahnya. Anak tersebut diberi nama Qainan. Anusy terus melakukan kebiasaannya sampai dia menemui ajalnya. Sebelum meninggal, dia serahkan tabut dan shuhuf kepada anaknya, Qainan. Dia memberi wasiat dan mengangkatnya sebagai pengganti setelahnya.

Wahab bin Munabbih mengatakan, setelah Qainan diangkat menjadi pemimpin setelah bapaknya, dia muncul di antara manusia dengan adil. Menjalankan perilaku yang baik, kemudian menikah dengan seorang wanita yang bernama Uthnuk. Dari pernikahan tersebut, Uthnuk mengandung seorang anak laki-laki. Setelah lahir, anak tersebut diberi nama Mahlaila dan cahaya Muhammad saw pindah ke keningnya. Selanjutnya, Qainan sakit, yang membawanya kepada kematian. Maka, dia serahkan tabut dan suhuf kepada anaknya dan mengangkatnya sebagai penggantinya. Berikutnya Mahlaila meninggal dan cahaya beralih ke anaknya yang bernama Yarid. Yarid pun meninggal dan cahaya itu berpindah ke anaknya yang bernama Ukhnukh, yang kemudian dikenal dengan Idris.

42 komentar:

Aldino Akbar mengatakan...

Terima kasih atas infonya

M Fawwaz Afify mengatakan...

Terima Kasih, karena saya bisa membuat tugas saya dengan info ini (Alhamdulillah)

slamet wahyudi mengatakan...

terimakasih infonya sangat bermanfaat.

Anonim mengatakan...

Boleh terangkan degan lebih lanjut tentang perpindahan cahaya muhammad saw? Perlu di sahihkan terlebih dahulu. Dan sumber-sumbernya harus dikaji dengan lebih mendalam.

unlimited_union mengatakan...

karna ilmu agama saya masih cetek saya mau tanya...Ukhnukh itu idris ya??? tapi saya pernah baca,,,idris itu bukan Ukhnukh, tetapi anak Ukhnukh,,,,

mohon pencerahanya....

Unknown mengatakan...

aslkm terimaksih

Unknown mengatakan...

Terimakasih, menambah pengetahuan keislaman saya..

Zulhendra mengatakan...

Subhanallah saya baru mengetahui hal

Unknown mengatakan...

terimakasih, cerita di atas sangat bermanfaat.

Unknown mengatakan...

Apakah itu sits bukan nabi....?
Karena nabi kedua itu idris
Maaf ilmu agama saya masih dangkal.mohon pencerahanya.

Unknown mengatakan...

@rofiqur ridho ... Seingat saya ada tertulis dlm alquran mf lupa surat dan ayatnya...coba aja anda cari... Jumlah nabi ada 125000 dan yang tetpilih jadi rasul ada 25 dan itu tertulis kisahnya di alquran. ...klu di sebutkan semua kisahnya 125000 nabi mgkin alquran jumlah juzz nya lbh dari 30... 30juzz ajah kita blm tentu baca apalagi lebih dari 30 juzz hehehehehee ..... Maaf klu ada salah dan khilaf

Unknown mengatakan...

@rofiqur ridho ... Seingat saya ada tertulis dlm alquran mf lupa surat dan ayatnya...coba aja anda cari... Jumlah nabi ada 125000 dan yang tetpilih jadi rasul ada 25 dan itu tertulis kisahnya di alquran. ...klu di sebutkan semua kisahnya 125000 nabi mgkin alquran jumlah juzz nya lbh dari 30... 30juzz ajah kita blm tentu baca apalagi lebih dari 30 juzz hehehehehee ..... Maaf klu ada salah dan khilaf

Unknown mengatakan...

Rofiqur Ridho, benar sits itu nabi, tapi isi cerita jgn ditelan mentah2 dulu, sumbernya dari mana saja kita tidak tahu

Unknown mengatakan...

Emamg bisa ya iblis menjelma jadi malaikat? Kejanggalannya disitu

Ravi mengatakan...

kang muhtarom ebid..

al-qur'an itu hanyalah wahyu yg diturunkan kepada Rasulullah Muhammad, jadi tidak ada ya jumlah juz lebih dari 30 ataupun ayatnya lebih banyak dari yg di al-qur'an..

Anonim mengatakan...

Ravi Rozami.. Maaf sih, aku fikir maksud mas muhtarom ebid itu klw emang mahu sebut satu2 kisah nabi tak cukup 30 juz al quran.. Emang sih al quran tidak lebih dari 30 juz.. Mas muhtarom ebid hanya membuat perumpamaan aja.. Sekian. Maaf loh, gua engak fasih berbahasa..

Thekingedyson mengatakan...

Alhamdulillah dpet ilmu yg bermanfaat

Thekingedyson mengatakan...

Alhamdulillah dpet ilmu yg bermanfaat

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Uthnuk dan ukhnuk coba cek mas :)

Ijeandi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ijeandi mengatakan...

Alhamdulillah.... Trimaksih sudah share ilmu yg bermanfaat...

Unknown mengatakan...

mohon pencerahan sumber cerita nabi syith..dahlil2 yang sahih...

Unknown mengatakan...

Sepengetahuan saya, saat belajar di Madrasah, nama nama nabi mmng banyak, akan tetapi yg menjadi Rosul ada 25, namun nama Rosul Sheith saya baru dengar, dan Rasul Musa dan Harun dihitung 2,
Klo dilihat dari info diatas, ada 26 Rasul.
Mohon pencerahannya
Maaf jika saya salah atau kurang info

Anonim mengatakan...

Mantap, mohon dilengkapi dafpus nya,

krim penyembuh flek hitam mengatakan...

kisah yang tak banyak di kenang

Unknown mengatakan...

Ada nabi ada rosul. Rosul itu udah pasti nabi. Tp nabi blm tentu rosul. Krna nabi tugas menyebarkan ajaran kbaikan g wajib lw rosul wajib. Nah nabi sis itu hanya nabi. Bukan nabi yg skaligus rosul kaya nabi Adam Idris Nuh dll yg 25 itu adalah nabi skaligus rosul

utuh hensome mengatakan...

Nabi dan rosul itu ada banyak ..yg di sebutkan di al quran ada 25...dari 25 itu pun tidak semuanya Rosul...nabi Adam as dan nabi Idris as pun bukan rosul ..hanya nabi...rosul pertama itu Nuh as...Wallohu a'lam

Rinufsix mengatakan...

ada gak di Al-Quran yang menyatakan bahwa syith itu seorang nabi ?
surah apa ? ayat berapa ?

Anonim mengatakan...

Nabi ke 2 syit.. Idris itu nabi yang di angkat menjadi rasul.. Jadi, idris A.S itu rasul yg kedua.. Rasul ada 25, nabi ada ramai.. Subhanallah

Unknown mengatakan...

Nabi itu berjumlah 124000 dan rasul 313 diantaranya.
Dan yg 25 adalah nabi dan rasul yg wajib diketahui saja.

Erryagusta mengatakan...

Yg pernah saya baca di sebuah kitab, yg di jabarkan dari Al Qur' an bahwa Jumlah Nabi yg di utus Allah SWT Adl 16646 Nabi ,dan 313 diantaranya di angkat menjadi Rossul ,hanya yg wajib kita kerahui dan imani hanya 25 Nabi, soal pertanyaan sodara di atas, Bahwa Iblis bisa menyamar jadi malaikat itu ,menurut saya sangat mungkin karena sebelum di kutuk jd Iblis ( Azazil as) adl Penasehat Para Malaikat dn pangkatnya lbh tinggi dri Jibril yg sekarang menggantikan kedudukanya

Unknown mengatakan...

Nabi sdh d jlaaskn ada 124000,diantara mreka ada 313 rosul. . yg 25 itu yg wajib diketahui itupun bukan semua rosul.. Jika perbedaan paham terjadi maka kembali pada al'quran saja. Di dalamnya sudah jelas semuanya ada. Dan tidak bisa di bantah keterangannya. . .

Liyoskin mengatakan...

ilmu baru nih

Cream Wajah Tanpa Pengelupasan mengatakan...

postingan yang sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Urut2an nabi ada di paragraf terakhir doa akasyah/akasah

Anonim mengatakan...

Jumlah Nabi yg diutus Allah 124.000 orang
Jumlah Rasul 313 orang
Yg wajib diketahui dan disebut dlm Al-Quran, Rasul 25 orang

AFRY WEB mengatakan...

Ijin share

Unknown mengatakan...

Otentikasi tdknya sejarah gktrllu pnting, Tpi yg lbh penting hikmah dpt diambil...is ternyata klo smua sejarah ditarik kekuatan ternyata bhw smua ajaran baik agama Hindu,Budha,nashara,yahud dll. asalnya samawi (Allah Swt) Tpi sbb sgt pjg jarak antar nabi maka terjadi miscomnction/penyelewengan ajaran, disitulah nabi Muhammad Saw diutus Sbg pelurus,perbaiki/penyempurna ajaran2 samawi doloe menjadi lurus/sempurna kembali sesuai keinginan yg menurunkannya (alkhaliq/Allah Swt)dg cara bilhikmh walmauidlatilhsanh...Sbg tugas hidup Qt bersama ?! Wllhm brkllh

Unknown mengatakan...

maaf sebelumnya,,,, cuma mau bertanya..
saya pernah mendengar cerita tentang nabi kahidir...
apakah beliau termasuk nabi ataukah rasul...???

Unknown mengatakan...

Tks saya Dpt ilmu baru dari saudara saudara ku ini

Unknown mengatakan...

Maaf kang ...setahu saya iblis bisa menyerupai siapa saja termasuk Allah..kecuali kanjeng nabi muhammad saw tidak bisa ia serupai ....hukum Allah

Posting Komentar

ترك التعليق