Yahya Bin Ma'in

09 Juli 2012

Nama lengkap beliau adalah Yahya bin Ma`in bin `Aun bin Ziyad bin Bistham Al-Ghatfan Al-Baghdadi. Ayah beliau termasuk orang penting di negerinya, sehingga ketika ayahnya meninggal, beliau mendapatkan jatah warisan sebanyak satu juta dirham, dan beliau menggunakannya sebagai bekal mencari hadis. Beliau dilahirkan tahun 158 H. Kun-yah beliau adalah “Abu Zakariya”, namun beliau lebih dikenal dengan sebutan “Ibnu Ma`in”. Beliau termasuk pakar dalam masalah hadis dan pencatat sejarah para perawi hadis.


Guru Dan Murid Beliau

Beliau banyak melakukan petualangan mencari ilmu, sehingga guru beliau sangat banyak dari berbagai negeri. Di antara guru beliau adalah Abdullah bin Mubarak, Husyaim, Ismail bin `Ayasy, Abbad bin Abbad, Sufyan bin Uyainah, Ghundar, Hatim bin Ismail, Hafs bin Ghiyats, Jarir bin Abdil Hamid, Abdur Razaq, Marwan bin Mu`awiyah, Hisyam bin Yusuf, Isa bin Yunus, Waqi`, Yahya Al-Qaththan, Abdurrahman bin Mahdi, dan masih banyak ulama lainnya dari negeri Irak, Hijaz, Al-Jazirah, Syam, dan Mesir.

Sementara, di antara murid senior beliau adalah Imam Ahmad bin Hambal, Muhammad bin Sa`d, Abu Khaitsmah, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Abbas Ad-Duri, Abu Bakar Ash-Shaghani, Abdul Khalik bin Manshur, Utsman bin Sa`id Ad-Darimi, Abu Zur`ah, Abu Hatim Ar-Razi, Ibrahim bin Abdillah Al-Junaid, Ahmad bin Ali Al-Marwazi, Muhammad bin Wadhah, Ja`far Al-Firyabi, Musa bin Harun, Abu Ya`la Al-Mushili, dan masih banyak lagi.


Pujian Ulama Untuk Ibnu Ma'in

Beliau termasuk dalam jajaran ulama besar untuk masalah hadis, tidak hanya di antara ulama yang sezaman dengannya, namun juga termasuk di antara ulama pada zaman setelahnya. Di antara pujian para ulama untuk beliau adalah:

  1. An-Nasa`i mengatakan, “Abu Zakariya berstatus tsiqah dan amanah, serta termasuk salah satu pakar dalam hadis.”
  2.  Ali Al-Madini mengatakan, “Saya tidak pernah melihat, sejak zaman Adam, ada orang yang menulis hadis yang lebih bagus daripada tulisan Yahya bin Ma`in.” Beliau juga pernah mengatakan, “Puncak ilmu manusia ada pada Yahya bin Ma`in.”
  3. Yahya bin Ma`in sendiri pernah mengatakan, “Saya telah menulis dengan tanganku sebanyak satu juta hadis.”
  4. Yahya Al-Qaththan mengatakan, “Belum pernah ada orang yang mendatangi kami, seperti dua orang ini: Ahmad bin Hambal dan Yahya bin Ma`in.”
  5. Imam Ahmad mengatakan, “Yahya bin Ma`in adalah orang yang paling mengerti tentang ‘ilmu rijal‘.”
  6. Imam Adz-Dzahabi menyebut beliau dengan “Sayyid Al-Hufazh” (pemimpin para pakar hadis).
  7. Ibnu Hajr Al-Asqalani menyebut beliau dengan “Imam Al-Jarh wa At-Ta`dil” (pemimpin dalam masalah jarh wa ta`dil).
Setelah menyebutkan biografi singkat tentang Ibnu Ma`in, Imam Adz-Dzahabi mengatakan, “Yahya terlalu terkenal untuk saya bahas tentang keuatamaanya.” Kemudian, beliau membawakan cerita dari Hubaisy bin Mubasyir, salah satu ulama terpercaya, “Saya bertemu dengan Yahya bin Ma`in dalam mimpi. Saya tanyakan kepadanya, ‘Apa yang Allah berikan kepadamu?’ Yahya menjawab, ‘Allah memberiku kenikmatan, menikahkanku dengan tiga ratus bidadari, dan menyiapkan untukku antara dua pintu.’”


Karya Ibnu Ma'in

Di antara karya Imam Yahya bin Ma`in adalah At-Tarikh wa Al-Ilal dan Ma`rifah Ar-Rijal.


Wafatnya Ibnu Ma'in

Beliau meninggal pada bulan Dzulhijjah di Madinah, ketika melaksanakan ibadah haji. Beliau meninggal di tahun 233 H. Semoga Allah merahmati beliau dan keluarganya.

0 komentar:

Posting Komentar

ترك التعليق